Jumat, 26 September 2008

Tips Mudik Lebaran Aman

Silakan download gratis peta mudik lebaran di http://www.tempointeraktif.com/lebaran/peta/ atau klik judul di atas




Berikut Tips Mudik Aman Lebaran yang dikeluarkan oleh pertamina

1. Periksa oli mesin, oli gardan, dan oli persnelling mobil Anda. Gunakan oli sesuai dengan petunjuk dan ajuran servis.
2. Periksa keadaan platina, busi, dan saluran gas buang. Untuk menjaga kebersihan karburator, injektor, dan sistem saluran bahan bakar, gunakan bahan bakar yang mempunyai kadar oktan minimal 92 ke atas seperti Pertamax, dan Pertamax Plus.
3. Periksa minyak rem mobil Anda, dan pastikan rem mobil Anda bekerja sempurna, termasuk kondisi rem tangan. Periksalah kondisi karet wiper, dan tabung air wiper.
4. Periksa sistem power steering. Bila minyak power steering sudah berkurang, tambahkan Power Steering Fluid.
5. Periksa radiator kendaraan, dan pastikan sirkulasi air pendingin tetap lancar. Sangat dianjurkan penambahan cairan pendingin radiator (Radiator Coolant). Periksa juga fan dan tali kipas.
6. Periksa kondisi aki. Isi air aki sebatas level yang dianjurkan. Periksa terminal-terminal aki dan kabel-kabel massa ke bodi mobil.
7. Periksa ban dan pastikan tekanan anginnya sesuai dengan ketentuan. Tekanan angin yang terlalu tinggi akan mengurangi daya cengkeram ban. Sedangkan jika tekanannya terlalu rendah akan memberi efek perataan (flapping effect) sehingga ban bisa pecah dalam kecepatan tinggi.
8. Jagalah batas kecepatan. Jaga jarak kendaraan Anda dengan mobil yang ada di depan, terutama ketika berada di jalan tol.

Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan.



http://rusdygunawan.blogspot.com

Tidak ada komentar: