Sabtu, 12 Maret 2011

Jalan Pintas atau Membangun Potensi?

Foto: Jang Suh Hee - Goo Eun Jae Cruel Temptation

Sebelum seorang professor di suatu universitas akan membagikan ujian akhir kepada para mahasiswanya, ia mengajukan suatu tawaran istimewa kepada mereka. Ia berkata, “Siapa yang mau mendapat nilai C otomatis dalam ujian ini, angkat tangan dan kamu tidak perlu mengikuti ujian. Saya akan langsung memberikanmu nilai C.” Satu tangan terangkat. Kemudian yang lainnya, dan yang lainnya hingga setengah dari mereka telah memilih untuk tidak mengikuti ujian itu. Mahasiswa tersebut menerima nilai C otomatis. Mereka pulang dengan gembira.

Profesor itu kemudian membagikan lembaran ujian kepada mahasiswa yang masih tinggal di kelas itu. Ia meletakkan lembaran-lembaran tersebut di meja dan meminta mereka tidak membaliknya sebelum diperintahkan. Ia memberi selamat kepada mereka karena mereka tidak mau menerima nilai rata-rata dan bahwa mereka akan melakukan hal-hal yang luar biasa dalam hidup mereka.

Kemudian professor itu memerintahkan mahasiswanya untuk memulai ujian mereka. Para mahasiswa menemukan bahwa lembaran ujian mereka hanya tertulis kalimat singkat: “Selamat. Anda baru saja mendapatkan nilai A.”

Terlalu sering kita mengambil jalan pintas yang mudah dan menerima keadaan biasa-biasa saja saat seharusnya berusaha membangun potensi kita. Kita berpikir bahwa nilai C tidak begitu buruk. Padahal kita punya potensi lebih banyak dalam diri kita. Tetaplah bersemangat! Teruslah bertumbuh! Teruslah belajar!

Semoga menginspirasi, Sukses untuk Anda!
http://rusdygunawan.blogspot.com

Tidak ada komentar: