Kamis, 20 November 2008

Harta yang Paling Berharga

Saya mensurvey dan mencari tahu opini orang, dengan pertanyaan apa harta yang paling berharga menurut mereka? Jawabannya beragam: Kesehatan, waktu, sahabat, damai sejahtera, sabar, harga diri, diri sendiri, dan yang paling banyak adalah...keluarga. Kemarin saya bertanya kepada sahabat saya yang mempunyai seorang anak usia sekitar tiga tahun, mau nggak dia menyerahkan anaknya untuk diadosi orang lain dengan nilai Rp.100 juta, yang langsung dijawab nggak. Bagaimana kalau 200, 300, 500, dan Rp.1 Miliar. Dia tetap gak mau. Wah kalau begitu kamu kaya dong, jawabku. Kok bisa? tanyanya. Ya, karena kamu punya harta yang nilainya melebihi Rp.1 Miliar. Wah persis seperti lagunya "Keluarga Cemara" ya...

Harta yang paling berharga
adalah keluarga
istana yang paling megah
adalah keluarga
puisi yang paling bermakna
adalah keluarga
mutiara yang paling indah
adalah keluarga

Sebagai satuan terkecil dalam sebuah masyarakat, keluarga menjadi ajang pertumbuhan tunas-tunas bangsa. Dalam keluargalah anak-anak mengalami dinamika kehidupan manusia dengan neka ragam problema dan corak emosi yang dimunculkannya. Anak-anak belajar mengenali hampir semua hal, pertama-tama dan terutama dalam keluarga, kemudian di lingkungan hidup sekitar rumah, lalu ke sekolah, dan masyarakat. (Andrias Harefa)

Ada banyak harta yang berharga, tetapi kesehatan adalah harga yang paling berharga di dunia ini. Memiliki banyak uang tapi kondisi fisik yang tidak bisa menikmatinya, atau justru uang kita semakin habis karena penyakit berbahaya yang menggerogoti tubuh fisik kita. Apalah artinya kita bekerja selama puluhan tahun jika pada akhirnya kita tidak bisa berbahagia. (budivision.blog.friendster.com)



sumber: http://rusdygunawan.blogspot.com

Tidak ada komentar: