Rabu, 27 Agustus 2008

Rusdy Gunawan: Swa edisi 18/XXIV/21 Agustus-3 September 2008

Rusdy Gunawan
Kamis, 21 Agustus 2008
Oleh : Fadlly Murdani.

Bagi para penikmat dan pecinta buku, Toko Buku Leksika di bilangan Lenteng Agung, Jakarta, yang baru dibuka Juli lalu, tentu memberi atmosfer baru. Selain ruang yang luas, kafe, fasilitas Wi-Fi, dan area bermain anak-anak, toko buku yang dimiliki penerbit Salemba Empat ini juga menyediakan tempat yang nyaman bagi pengunjung yang ingin sekadar membaca. “Kami tidak ingin mengintimidasi pengunjung untuk harus membeli,” kata Rusdy Gunawan, Direktur Toko Buku Leksika. Menurut alumni Universitas Sriwijaya, Palembang ini konsep yang diusung Leksika berbeda dari toko buku yang sudah ada.
Kelahiran Palembang Februari 1972 ini memang bukan orang baru di dunia perbukuan. Sebelumnya, ia sempat berkarier sebagai Kepala Toko Buku Gramedia di Jakarta. “Saya mencari karier dan kesempatan yang lebih baik untuk berkembang,” ungkapnya. Di Leksika, Rusdy ikut membantu mengembangkan konsep. Menurutnya, tren toko buku saat ini sudah berubah. “Harus fokus pada bisnis inti yaitu buku,” katanya. Ia mengaku tidak ingin membawa Leksika sebagai toko buku yang menyediakan berbagai macam produk di luar buku. Leksika sendiri bekerja sama dengan 135 penerbit dan 60 pemasok. Targetnya, sampai akhir tahun ini bisa membuka tiga cabang Leksika.

Sebagai pemain baru, lanjut Rusdy, Leksika memiliki kesempatan besar untuk bersaing dengan pemain yang sudah ada. Ia sendiri ditargetkan bisa membawa Leksika terus berkembang dan mencapai titik impas investasi secepatnya. “Investasinya lumayan besar dan saya diharapkan bisa memberi hasil positif ke depan,” tutur Rusdy yang memulai karier sebagai supervisor toko buku di Palembang. (swa)

URL : http://www.swa.co.id/swamajalah/siapadia/details.php?cid=1&id=7860

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam,,

mohon maaf lahir batin pak,,semoga sukses selalu..

Fadlly