Sabtu, 11 Juli 2009

Taman Mini Indonesia Indah, Tempat Wisata Budaya di Jakarta


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan wisata budaya di Jakarta. TMII ini menggambarkan secara utuh Indonesia yang besar dalam penampilannya yang kecil dan indah. Gagasan ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Pembangunan TMII dimulai pada tahun 1971 dan diresmikan pembukaannya pada tanggal 20 April 1975.

TMII ini mempresentasikan kebhinekaan bangsa Indonesia dan keanekaragaman khasanah budaya, sehingga masyarakat dapat menimba pengalaman, pengetahuan dan informasi yang menarik sekitar kehidupan berbagai aspek budaya, tradisi, adat istiadat, berbagai bentuk kesenian sampai pada pengenalan benda-benda budaya.

Sebagai obyek wisata budaya, TMII antara lain berisi 26 Anjungan Daerah, Arsipel Indonesia, Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Istana Anak Anak Indonesia, 11 Unit Taman antara lain Taman Burung, Taman Akuarium Air Tawar, Taman Bunga Keong Emas dan 15 Unit Museum antara lain Museum Indonesia, Museum Transportasi, Museum Minyak & Gas Bumi, serta berbagai sarana hiburan yang menarik seperti Teater Imax Keong Emas, Kereta Gantung, Aeromovel, Kereta Api Mini dan Taman Budaya Tionghoa Indonesia. Selain itu direncanakan akan dibangun 6 anjungan daerah propinsi baru.

http://www.tamanmini.com
http://rusdygunawan.blogspot.com


Tidak ada komentar: