Rabu, 21 Januari 2009

10 QUICK PICK-ME-UPS!

the people who say they don't have time to take care of themselves will soon discover they're spending all their time being sick. (Patricia Alexander)

Kehabisan energi tapi tak punya banyak waktu? Berikut beberapa tips...

1. 5-second de-stresser : Rub Your Earlobes

Melakukan teknik akupresur dengan gerakan memijit-mijit daun telinga bagian bawah yang bermanfaat mengatasi sakit kepala dan nyeri pada otot leher.

2. 5-second energy booster : Down a Glass of Water

Maka Sempatkan 5 detik waktu di antara rutinitas sehari-hari untuk minum segelas air sebelum kita kehausan, untuk menghindari dehidrasi yang bisa membuat tubuh lemas.

3. 30-second mood lifter : Laugh Out Loud

Humor dan tertawa itu sehat dan akan meningkatkan mood kita dan bisa jadi 'cheerleader' yang baik saat kita mau melakukan aktivitas yang lebih membutuhkan energi.

4.1-minute stamina builder : Focus on Your Breathing
Tarik nafas dalam-dalam selama satu menit tiap harinya. Hal ini akan meredakan denyut jantung yang berdetak cepat, dan segera mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

5. 3-minute energy charger : Take a Hot/Cold Shower
Mandi air hangat,kemudian sirami dengan air dingin membuat tubuh menjadi segar, karena perubahan temperatur akan semakin membuat kita merasa segar dan 'tersadar'.

6. 5-minute energy charger : Soak up (a little) Sun
Mandi matahari selama 5 menit sehari akan menstimulasi neurotransmitter di otak kita, seperti serotonin dan dopamin, yang akan meningkatkan motivasi dan semangat.

7. 5-minute brain revver : Take the Road Less Traveled
Cari rute baru saat berkendaraan menuju kantor, ataupun sambil berjalan kaki saat menuju ke suatu tempat. Hal ini bisa menstimulasi otak kita dan juga meningkatkan energi tubuh. Apalagi kalau di rute baru itu ternyata ketemu mahluk manis, woow, lebih semangat lagi!

8. 20-minute de-stresser : Curl up for a Catnap
Sisihkan waktu 20 menit saat kita stres atau dikejar deadline benar-benar bisa membuat badan lebih segar, dan otak pun jadi lebih mudah berpikir. Tapi pastikan tidak boleh lebih lama dari 20 menit, karena nanti malah pusing, dan fenomena 'jiwa belum segera bersatu dengan raga' akan muncul di diri Anda!

9. 20-minute brain revver : Practice a New Skill
Mempelajari sesuatu yang baru untuk menghindari diri dari kelelahan mental. Misalnya belajar bahasa asing baru atau belajar komputer yang baru.

10. 20-minute energy booster : Out for Solo Time
Meng-isolasi diri kalau merasa perlu! Seorang expert bahkan mengistilahkan orang-orang yang suka mengganggu (atau yang tidak penting) sebagai 'energy vampires' alias si penghisap energi!



http://rusdygunawan.blogspot.com

Tidak ada komentar: