Minggu, 14 Desember 2008

Tips Mengurangi Sampah Seusai Natal

Satu fakta mengejutkan terjadi di kerajaan Inggris. Meriahnya pesta perayaan Natal oleh masyarakat di kerajaan Elizabeth ini ternyata menyisakan kebiasaan yang tak layak, yakni sampah!

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kerajaan Inggris, rata-rata setiap tahun masyarakat Inggris menghasilkan tak kurang dari 3 juta ton sampah seusai perayaan Natal. Jelas, ini bukan jumlah yang sedikit bahkan jumlahnya dapat menutup sebagian wilayah Negara Singapura. Bagaimana menyiasatinya agar sampah tidak menumpuk setelah Natal? Mulailah dari rumah dan lingkungan Anda!

Fact 1
Satu milyar kartu Natal yang tersebar di Inggris (dari masing-masing 17 kartu per orang), dapat memenuhi seluruh tempat di Inggris. Satu pohon mampu menghasilkan kertas untuk 3.000 lembar kartu. So, sedikitnya dibutuhkan 333.333 pohon setiap tahunnya untuk membuat kartu ucapan Natal. Bayangkan berapa juta pohon ditebang hanya untuk memproduksi kartu Natal di seluruh dunia?

Must do

Ganti ucapan Natal Anda dari kartu ke e-mail, e-card, SMS, atau MMS! Toh, biayanya jauh lebih murah dan cepat pulu pengirimannya. Kalaupun ingint tetap kreatif menggunakan kartu, pilihlah kartu Natal dari bahan-bahan daur ulang atau buat sendiri kartu ucapan Natal Anda. Bukankah ini lebih kreatif?

Fact 2

Sedikitnya ada sekitar 83 km2 kertas kado digunakan seluruh masyarakat Inggris untuk membungkus kado.

Must do

Buka bungkus hadiah dengan hati-hati, dengan begini Anda dapat menggunakannya lagi untuk membungkus kado tahun depan. Kalaupun tidak untuk tahun depan, Anda dapat memanfaatkan kertas kado tersebut untuk membungkus kotak barang (kardus) sehingga Nampak lebih cantik ketika ditaruh di lemari atau gudang.

Fact 3
Kurang lebih 125.000 ton plastik pembungkus makanan, kado, hiasan Natal, dan sebagainya dibuang pada saat Natal. Berat sampah plastic tersebut sama dengan berat 50.000 beruang kutub.

Must do
Jika tak ingin menebarkan sampah, mulailah dengan memberikan hadiah tidak dalam berupa barang yang biasanya membutuhkan pembungkus atau kantong. Anda dapat menggantinya dengan memberikan voucher belanja, salon, restoran, toko buku, hiburan, dan sebagainya untuk para sahabat, keluarga, dan rekan bisnis. Atau Anda juga dapat memberikan mereka hadiah hand made yang dibuat sendiri agar Nampak lebih berkesan.
Nah dengan memulai hal yang baik dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, maka kebersihan dapat terjaga tanpa harus mengurangi kemeriahan Natal. Bukankah Margaret Teacher pernah berkata: “Seandainya setiap rumah di dunia menjaga lingkungan rumahnya tetap bersih, maka dunia akan terlihat seperti kaca yang bersih.”

GO GREEN!
Dengan mengurangi sampah, Anda sudah melakukan satu langkah untuk perubahan.



rusdygunawan@yahoo.com
http:/rusdygunawan.blogspot.com

1 komentar:

Gabriel Laia mengatakan...

Go green.....!
Sukses untuk mas Rusdy
Salam,
http://bukugramedia.blogspot.com